Ingin Menjadi penulis Artikel yang Baik? Ikutilah Tips-Tips Dibawah Ini

Published on

Kini menulis artikel tidak hanya menjadi pelajaran di sekolah saja, tetapi sudah menjadi penghasilan melalui offline maupun online. Caranya adalah menulis artikel untuk majalah, koran bagi offline, sementara untuk online untuk website. Sayangnya menulis artikel termasuk karya non fiksi sehingga memiliki aturan dan pembahasan yang disesuaiakan, seperti SEO, enak dibaca dan pendukung lainnya. Untuk itulah usahakan menjadi penulis artikel yang baik sehingga pembaca akan senang dan tak merasa tertipu dengan tulisan.

Source via : idntimes.com

Tips Menjadi Penulis artikel yang Baik

Sejatinya, menjadi penulis artikel yang baik membutuhkan proses yang panjang, yaitu dari pemula hingga senior. Pasalnya artikel tak seperti menulis Fiksi yang membebaskan penulis berimajinasi, menulis artikel harus sesuai dengan tema dan pembahasan tak boleh melebar ke tema lain. Memang susah jika belum mahir, tak heran banyak penulis mengikuti kursus menulis artikel agar menguasai teknik menulis artikel. berikut ada tips menjadi penulis artikel sebagai acuan, yaitu:

1. Mengenali Tema Yang Ditulis

Seseorang dikatakan sebagai penulis artikel yang baik harus menguasai berbagai tema, apalagi jika si penulis bekerjasama dengan sebuah website. Pastinya ia harus menulis dengan banyak tema apapun alasannya, untuk itulah Anda harus mengenali tema yang akan ditulis sehingga penjabaran sesuai dengan tema. Pastikan mencari referensi yang tepat jika ragu dengan pengetahuan yang dimiliki, jika ragu menulis salah satu tema lebih baik menunda dan mencaritahu mengenai tema tersebut sebelum menulis.

2. Konsisten dan Selalu Berkembang

Penulis erat kaitannya dengan deadline atau pengerjaan artikel selesai tepat waktu. Anda dikatakan penulis artikel yang baik jika selalu mematuhi deadline dan mempertahankan kualitas tulisan, jangan sampai akibat deadline membuat hasil tulisan menyimpang dan mengikuti stAndar penulisan artikel. Jangan salah loh, pemula bisa menjadi penulis artikel yang baik dan mengembangkan dirinya. Caranya adalah kursus menulis artikel sehingga memahami semua ketentuan menulis artikel yang bagus dan dapat terdeteksi mesin pencari.

3. Tidak Plagiat

Sah-sah saja menulis artikel dengan pengetahuan berbagai sumber, namun hal tersebut rawan plagiat sehingga Anda gagal menjadi penulis yang baik. Usahakan tidak meniru gaya penulisan orang lain dan mengutip isi artikel di tempat lain karena membuat tulisan tidak berkualitas. Jika membutuhkan referensi, sebaiknya memahami dan menerapkan pada tulisan dengan gaya bahasa sendiri. Kembangkanlah imajinasi sehingga menghasilkan artikel berkualitas, teruslah berusaha dan memperkaya diri dengan kosa kata sehingga tidak kehilangan kosa kata saat menulis.

4. Mulailah Menulis 

Kebanyakan penulis artikel pemula adalah menunda kegiatan menulis dengan alasan belum mendapat pekerjaan sebagai penulis. Nyatanya hal itu menunda keberhasilan Anda menjadi penulis artikel yang baik, mulailah menulis walaupun untuk koleksi pribadi pada website maupun jejaring sosial. Cepat atau lambat Anda akan menemukan jalan menjadi penulis artikel, apalagi kursus menulis artikel memudahkan peserta menjadi penulis tamu ataupun kerjasama jangka panjang.

 

To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post