Untuk Menciptakan Penulisan Artikel yang Benar, Berikut Kriteria Penulis yang Harus Kamu Tahu!

Published on

Saat ini, berbagai artikel yang di-publish di media cetak maupun online dengan beragam tema banyak sekali kita jumpai. Mulai dari artikel yang membahas olahraga, life-style, kuliner, kesehatan, hingga artikel yang membahas tentang relationship. Sayangnya, dari beberapa artikel yang sering kita jumpai terutama di media online belum memenuhi standar penulisan artikel yang benar. Padahal, artikel dengan standar penulisan yang benar akan mempengaruhi respon dari pembaca. Outputnya bisa berupa pembaca puas dengan artikelnya, bahkan situs website artikel tersebut bisa dijadikan langganan oleh pembaca karena telah nyaman dengan tulisan-tulisannya.

Source via : made-blog.com

Artikel dikatakan bagus dan berkualitas jika kalimatnya enak dibaca dan bermanfaat bagi pembaca. Sayangnya, saat ini masih banyak penulis yang belum memahami bagaimana caranya menjadi penulis baik untuk menciptakan karya tulisan yang dikagumi oleh pembaca. Nah, untuk menciptakan penulisan artikel yang benar, berikut akan kami ulas kriteria apa saja untuk menjadi penulis yang baik.

3 Kriteria Menjadi Penulis yang Baik

Setidaknya, ada 3 kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi penulis yang baik demi memperoleh karya penulisan dengan standar yang benar. Ketiga kriteria tersebut adalah sebagai berikut.

 

1. Menulis Orisinal

 

Penulis yang baik akan menulis secara orisinal dengan menuangkan ide atau pendapat hasil pemikirannya sendiri. Setidaknya, jikalau pun mencari inspirasi dari beberapa sumber, ia tidak akan menulis secara copy-paste. Penulis yang baik tahu bahwa hasil karya tulisan sendiri jauh lebih baik ketimbang hasil 'jiplakan' dari penulis lain. Jika pembaca menemukan tulisan artikel dengan isi yang sama di artikel lain pun rasanya akan malas untuk membaca lebih lanjut lagi.

 

2. Jujur dan Menyebarkan Informasi yang Benar

 

Penulisan artikelharus memuat informasi-informasi akurat dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Jangan sampai demi menarik pembaca, judul dan isi artikel dibuat secara fiktif. Tak masalah jika isi artikel tersebut memang berupa cerpen atau novel yang karyanya dapat berupa karangan fiktif. Akan tetapi, jika artikel tersebut menyangkut tema seperti olahraga, life-style, ataupun artikel yang berisi informatif harus dipastikan memuat informasi yang benar.

 

3. Memahami Gaya Penulisan yang Enak Dibaca

Artikel yang benar tidak hanya sekedar berisi konten yang informatif. Akan tetapi, juga harus memuat kalimat-kalimat yang enak dibaca. Meski artikel berisi konten yang bersifat informatif tetapi kalimatnya kurang enak dibaca, tentu akan membuat pembacanya mudah bosan. Padahal, artikel yang baik seharusnya bisa membuat pembaca paham dan puas dengan isi artikel yang dibacanya. Oleh sebab itu, penulis harus memiliki kriteria memahami gaya penulisan atau kalimat yang enak dibaca.

Mudah untuk menjadi penulis yang baik, bukan? Terapkan setidaknya ketiga kriteria di atas agar bisa menciptakan artikel yang baik dan sesuai dengan standar penulisan artikel yang benar.

To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post