Inilah Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar Untuk Pekerjaan Penulis Lepas

Published on

Source via : contentwritter.com

Menulis artikel bisa dkatakan gampang-gampang susah. Mengapa demikian? Karena semua orang memiliki kemampuan dalam menulis, namun belum tentu bisa menulis artikel secara baik dan benar. Artikel yang baik dan benar bisa dikatakan adalah artikel yang memuat informasi yang akan memberikan solusi bagi pembacanya. Banyak sekali pekerjaan bagi seorang yang suka menulis salah satunya yaitu penulis lepas yang bertugas untuk menyajikan informasi yang sesuai dengan tema yang telah diperintahkan. 

Ada banyak langkah yang bisa digunakan untuk membuat artikel dengan cara yang baik dan benar. Beberapa cara tersebut akan membuat orang-orang yang menggeluti pekerjaan penulis lepas bisa membuat artikel yang nyaman dibaca serta bersifat informatif. Berikut ini adalah beberapa cara dalam menulis artikel yang baik dan benar. 

Langkah-langkah Menulis Artikel 

Bagi orang yang menggeluti pekerjaan penulis lepas, membuat artikel mungkin adalah makanan sehari-hari mereka. Namun bagi orang awam, tentu saja menulis artikel merupakan sesuatu yang cukup menyulitkan. Langkah pertama yang bisa dilakukan dalam menulis artikel yang baik dan benar adalah, menulis semenarik mungkin. Sebuah artikel bisa menarik minat orang untuk membacanya dengan didukung beberapa faktor seperti judul,gambar maupun tulisan yang menarik. Hal tersebut biasanya mendorong orang-orang untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa yang di tulis di dalam artikel tersebut. 

Selanjutnya, anda bisa menggunakan bahasa yang sesuai dengan target pembaca anda. Bila anda memiliki target pembaca orang-orang yang memiliki kemampuan bahasa yang baik, maka anda harus menggunakan bahasa yang formal. Berbeda ketika anda memiliki target pembaca dari orang-orang awam, maka anda tidak perlu menggunakan bahasa yang terlalu formal di dalam artikel anda. Anda dapat menyisipkan kata-kata yang biasa digunakan sehari-hari untuk artikel dengan target pembaca seperti itu. 

Salah satu trik yang biasa digunakan oleh orang yang menggeluti pekerjaan penulis lepas dalam menulis artikel adalah membuat subjudul. Subjudul menjadi cukup penting karena bisa membuat pembaca merasa lega ketika melihat sebuah artikel. Lega yang dimaksud adalah artikel yang dibaca tidak terlalu penuh dengan deretan kata-kata saja. Selain itu, dengan memasukan subjudul di dalam artikel juga akan memudahkan orang-orang untuk mendapatkan poin dari artikel yang anda buat. 

Source via : contentwritter.com

Langkah terakhir dan yang paling penting dalam pembuatan artikel adalah dengan membuang konten yang tidak penting. Segitiga terbalik sangatlah diperlukan dalam sebuah konten. Namun, konten yang bertele-tele justru akan membuat para pembacanya jengah. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa memasukan poin-poin yang penting saja di dalam artikel anda. Jangan terlalu bersemangat dengan melebarkan sebuah poin untuk memperpanjang artikel, tapi anda juga harus memperhatikan apakah informasi tersebut dibutuhkan oleh pembaca atau tidak. 

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menulis artikel yang baik dan benar. Dengan mengikuti cara-cara diatas, maka anda bisa membuat artikel layaknya seorang profesional dalam pekerjaan tersebut. Anda juga bisa mengkombinasikan trik diatas dengan trik-trik yang lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat. 

To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post